Iron Gym

Artikel


Latihan Pull Up Untuk Pemula

14 Nov 2013

Tubuh dikatakan bagus bukan hanya fokus pada perut six packs. Namun Otot punggung pun perlu mendapat perhatian lebih. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk otot punggung adalah pull-up, latihan mengangkat tubuh dengan mencengkeram palang, hingga kedua kaki tidak lagi menyentuh tanah. Selain membentuk otot latissimus dorsi dan rhomboid yang terletak di punggung, latihan ini juga menyasar otot bisep.

 

Fasilitas yang perlu disiapkan untuk latihan pull up sederhana adalah kita hanya perlu menemukan palang melintang yang cukup tinggi dan mampu menopang berat tubuh kita. Yang jauh lebih menantang adalah menemukan cara bagi pemula untuk dapat menahan bobot tubuh dan mulai melakukan angkatan. Karena cukup beratnya beban yang diangkat pada umumnya para pemulu banyak yang tidak melanjutkan latihan ini.

 

Bila belum kuat, kita bisa melakukan latihan untuk memperkuat otot terlebih dulu, yaitu dengan cara memakai palang horizontal yang sedikit lebih tinggi dari pinggang. Dengan postur tubuh tegak, lengan terbuka selebar bahu dan tangan memegang tumpuan, perlahan-lahan miringkan tubuh ke belakang, kemudian tangan menarik badan hingga kembali ke posisi semula.

 

Latihan lain yang bisa dilakukan adalah pull-down, latihan yang menyasar otot yang serupa dengan pull-up, tapi dengan bantuan alat yang bisa diatur bebannya. Bila telah merasa cukup kuat, latihan pull-up bisa mulai dilakukan dengan bantuan orang lain atau alat khusus.


Sebaiknya sebelum melakukan pull-up, harus diawali dengan pemanasan agar terhindar dari kram dan cedera lainnya. Biasanya pemanasan bisa dengan stretching dinamis. Sebagian besar para pemula memulai pull-up dalam posisi tangan benar-benar lurus. Posisi bergelantungan dengan "pasrah" ini membuat pemula yang belum terbiasa, sulit mengangkat tubuhnya. Seharusnya yang dilakukan adalah sedikit menekuk siku dengan dada agak membusung sehingga membebaskan persendian bahu untuk bergerak.


Lakukan secara teratur dan bertahap, jangan putus asa jika dalam satu sesi latihan pull up hanya bisa melakukan satu atau dua kali. Untuk awalan lebih baik melakukan sekuat-kuatnya dengan diselingi istirahat. Latihan pull up untuk pemula bagi yang memiliki masalah obesitas lebih baik melakukan latihan untuk memperkuat ototnya dulu baru bisa melakukan latihan pull up, karena orang obesitas umumnya memiliki otot yang lemah.


Untuk dapat melakukan Pull Up yang sempurna, anda bisa menggunakan Iron gym yaitu alat fitness Pull Up Bar sederhana. Hanya dengan menaruhnya di atas pintu alat ini bisa dipakai untuk latihan Pull Up bagi para pemula. Untuk mendapatkan produk Iron Gym ini anda bisa membelinya di WWW.JUALIRONGYM.COM . Dengan harga yang terjangkau anda akan mendapatkan alat fitness yang istimewa. Iron Gym biasa dipakai oleh para ahli kebugaran di Amerika Serikat untuk membentuk otot punggung yang sempurna.

Customer Service

0821.6505.3160
kopakopa.com@gmail.com
kopakopa168
26327776

Pembayaran Melalui

Pengiriman Melalui

Email Anda
Apabila Anda telah melakukan pembayaran, klik disini untuk